Minggu, 17 Februari 2013

Permainan masa kecil :3

Assalamualaikum Wr.Wb :)

Teman-teman ada yang masih inget masa kecil kalian nggak ? Hmm....masih pada ingat mainan semasa kecil kan ? Permainan-permainan sederhana tapi bisa membuat anak kecil bahagia atau mungkin malah menangis kalo kalah, permainan turun temurun yang sampe sekarang aku ngk tau entah siapa yang membuatnya...



Hmm kalo gitu langsung aja yukk, permainan apa aja sih yang sama kayak di daerahmu, cekidott...




Nah...kalo permainan ini saya yakin pasti disemua daerah di Indonesia ada nih, secara siapa sih yang gak kenal lompat tali atau skipping ini ? Ini permainannya asikk banget, yang gak asik tu buat talinya, harus nyusun dari karet2 yang banyak gitu, kalo dilihat sih ya kayak bentuk kelabangan gitu. Ohya lompat tali tu game nya ada levelnya, jadi mulai dari talinya setinggi dengkul ampe setinggi kepala (keinget jaman dulu :")), nah diakhir biasanya ada yang namanya es gogo, kayak kakinya muter ditali gitu (ah susah njelasinnya) , eh ada juga semprengan, kalo semprengan tu yang kayak di gambar, biasanya sih ada lagunya (tapi saya lupa, maap :p)





Nah yang ini super duper praktis, baik cara buat maupun cara mainnya sama sama nggak ribet, cukup gambar garis ditanah aja, maunya engklek apa, ada banyak jenis engklek, ada engklek pesawat, engklek gunung, dll. Habis itu masing2 pemain tinggal cari "gacho" semacam potongan genting gitu, pokoknya sesuatu yang bisa dilempar di kotak engkleknya ntar, kalo lemparannya keluar kotak berarti mati, harus ngulangin lagi ntar setelah semua peserta udah main. Oh ya kalo kotaknya udah habis semua, nanti yang main disuruh tutup mata sambil cari gacho, kalo sampe nyentuh garis engklek maka mati, wah seru kan, tapi juga susah sih :D



Asinan ini kayak menakut2 i musuh gitu, nah yang kepengang duluan berarti mati, trus nanti kalo anggotanya banyak yang mati, laawan bisa ngebom markas (pohon) dengan cara memegangnya, nah kalo udah bisa ngebom markas tu udah menang.



Yang ini namanya Ular Naga Panjang, ini seru banget abis mainnya sambil nyanyi :
Ular naga panjangnya bukan kepalang
Menjalar jalar selalu kian kemari
Umpan yang lezat itulah yang dicari, ini dianya yang terbelakang....!
Hati-hati yang lewat bagian "kang" bakalan ketangkep trus suruh milih mau di belakangnya siapa, nah ntr yang punya pengikut paling banyak berarti dia yang ngejaga anak2 nya, trus yang satunya berusaha mengambil anaknya itu, asik deh :D



Kalo yang ini ngelemparin gaco ke kotak, nah yang lemparannya paling jauh dari kotak itu jadi penjaga, jadi berhitung sampe sepuluh gitu yang lain pada ngumpet. Oya sebelumnya gaco disusun ke atas, nah nanti kalo pas si penjaga lengah mencari yang ngumpet, pengumpet yang lain bisa menyekong (menendang) gaco sampe jatuh, kalo gitu ceritanya si penjaga jaga lagi. Begitu seterusnya kalo gaconya runtuh, ya jaga lagi, kasihan deh kalo main game ini kalo jadi penjaga.


Kota pos belum diisi mari kita isi dengan minum minuman, mbak uuk minta huruf apa ??? cara mainnya melingkar trus tangannya saling ditumpuk gitu, sambil nyanyi sambil nepok tangan temannya, nah yang terakhir pas lagu bisa milih namanya minuman apa trus dia bebas, nanti yang terpilih terakhir sendiri tugasnya ngejar yang lainnya, tapi kalo yg lainnya berdiri pake satu kaki sambil bilang namanya nggak boleh ditangkep. :D haha lucu banget ya

Kalo yang ini bekelan, bola kecil sama kecik dari kuningan gitu, seru deh pookoknya






Nah itu dia beberapa permainan masa kecil kita, ada yang sama nggak sama daerahmu ? atau mungkin namanya beda?
Masa kecil emang unyu unyu ya

Wasalamualaikum Wr.Wb


0 komentar:

Poskan Komentar

Tak ada yang rugi dan dirugikan dengan menuliskan sepatah dua patah kata sobat ^_^

 
noVabulous Blogger Template by Ipietoon Blogger Template